PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Penyusunan dan pelaksanaan kurikulum berdasarkan KTSP
- Pengaturan beban belajar
- Penentuan KKM
- Penyusunan kalender pendidikan
- Kegiatan ekstra kurikulair
|
- Aspek penentuan KKM
- Melibatkan tim penyusun KTSP
- Pengembangan silabus dan RPP
|
2
| Standar Proses |
- Lima mata pelajaran memiliki RPP
- Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
- Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
- Supervisi kelas
- Memberi kesempatan guru untuk mengikuti pelatihan
|
- Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
- Menggunakan buku sumber di perpustakaan
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa lulus diatas KKM
- Ketersediaan bahan ajar
- Penegakan tata tertib sekolah
- Peringatan hari besar keagamaan dan nasional
- Pembiasaan hidup bersih dan sehat
- Ibadah shalat berjamaah
- Latihan musik rebana
|
- Majalah dinding
- Mengikuti lomba keterampilan berhitung dan menulis
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
- Pendidikan latar belakang S1
- Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
- Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, dan supervisi
- Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK
- Kepala sekolah pendidikan terakhir S1
- Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 98 %
- Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
- Memiliki penjaga sekolah
|
- Guru yang belum S1 melanjutkan ke jenjang S1
- Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru mapel
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
- Sekolah berada di lokasi yang aman
- Sekolah milik sendiri (Yayasan)
- Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
- Struktur bangunan stabil dan kokoh
- Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan
- Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
- Isntalasi listrik 3000 watt
- Kebutuhan air tercukupi dengan PAM, dan sumur
- Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
- Sekolah memiliki sarana ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
- Memiliki sarana olahraga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder
|
- Memiliki IMB
- Belum memiliki laboratorium IPA khusus
- Sarana kelas perlu dilengkapi (Papan pajang, rak hasil karya siswa)
- Melengkapi sarana ruang perpustakaan
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memiliki visi dan misi
- Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan
- Sekolah memiliki struktur organisasi
- Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
- Sekolah melaksanakan kegiaran ektrakurikulair dan pembinaan prestasi
- Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
- Sekolah mendayagunakan pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
- Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melaui pembukuan yang teratur
|
- Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan teknologi informatika
- Merencanakan memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerja sama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana
- Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, hono dan gaji guru
- Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
- Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
|
- Peningkatan honor atau gaji guru
- Mendorong guru untuk menyusun perangkat pembelajaran
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
- Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio
- Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia
- Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
- Rata-rata kelulusan diatas KKM
- Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
|
- Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
- Setiap tahun peningkatan KKM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar